Cara Membuat Blog di Google

Cara membuat blog di Google atau tepatnya di Blogspot, untuk anda yang sedang mencari informasi cara membuat blog. Apa itu Blog ? Apa bedanya blog dengan website ? Dan kenapa harus nge blog di Google ? Pertanyaan utama yang akan selalu kami sampaikan untuk memperjelas informasi yang akan kami tulis. Bagi pemula yang baru saja masuk ke dunia maya tentu hal ini sangat berguna. Meskipun demikian saya berani bertaruh bahwa tidak semua blogger tahu ketika di tanya apa itu blog ?

cara membuat blog di google

Pengertian Dan Sejarah Blog

Web Log atau kemudian menjadi Blog adalah  aplikasi web yang berbentuk tulisan atau sebut saja jurnal online yang dipublikasikan di internet (website). Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, postingan baru selalu berada di atas halaman. Biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil pengguna yang kemudian di kenal sebagai blogger. Meski diatur oleh banyak user, misalnya, pikiran dan opini yang dituliskan tetap berfokus pada satu topik.

Sejarah munculnya blog pada akhir 1990-an bertepatan dengan munculnya alat penerbitan web yang memfasilitasi posting konten oleh pengguna non-teknis yang tidak memiliki banyak pengalaman dengan HTML atau pemrograman komputer . Sebelum ada aplikasi blog, untuk mempublikasikan konten di web diperlukan pengetahuan tentang teknologi seperti HTML dan File Transfer Protocol. Hal ini sangat merepotkan karena untuk membuat dan mengupdate  sebuah website paling tidak anda harus menguasai  kode-kode HTML dan FTP.

Istilah “weblog” diciptakan oleh Jorn Barger pada 17 Desember 1997. Bentuk singkatnya, “blog”, diciptakan oleh Peter Merholz, yang dengan bercanda memecah kata weblog menjadi frasa blog kita di sidebar blognya Peterme .com pada bulan April atau Mei 1999. Tak lama kemudian, Evan Williams di Pyra Labs menggunakan “blog” sebagai kata benda dan kata kerja (“ke blog”, yang berarti “untuk mengedit weblog seseorang atau memposting ke weblog seseorang “) dan menyusun istilah ” blogger ” sehubungan dengan produk Blogger Pyra Labs , yang mengarah ke mempopulerkan istilah tersebut.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs tersebut sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google.inc pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog. Seperti WordPress, Multiply, Technorati, Tumblr dan lain sebagainya. Beberapa aplikasi blog sudah tutup karena bangkrut senasib seperti friendster yang awalnya sangat terkenal namun tidak berkembang. Yang belum lama hadir adalah platform Wix yang menawarkan kemudahan membuat website seperti WordPress.

pilih platform blog

Apa Perbedaan Blog Dengan Website ?

Meskipun belakangan ini garis perbedaan blog dan website semakin kabur, namun beberapa point berdasarkan struktur dapat dijadikan pembeda antara website dengan blog. Website biasanya statis yang memuat informasi yang tidak perlu di update. Berbeda dengan blog yang dinamis yang selalu menampilkan konten atau posting baru setiap saat.

Jika dilihat dengan Structured data tools milik Google akan terlihat perbedaan struktur antara website dengan blog. Selain konten yang terus diperbarui, dan adanya interaksi antar pengguna melalui komentar blog, ada cara lain untuk melihat perbedaan blog dan website. Blog memiliki tanggal publishing dan tanggal update, referensi author, kategori, dan tag dalam byline. Meskipun tidak semua blog punya elemen ini, namun website bisa tidak memilikinya sama sekali.

adsense

Kenapa Membuat Blog di Google ?

Seperti halnya membuat email di Google, membuat blog di Google dengan platform Blogspot juga memiliki berbagai keunggulan meskipun juga banyak kelemahannya. Akan tetapi khusus untuk peruntukan “Nge Blog” saya kira Blogspot adalah platform paling tepat. Sekali lagi untuk “nge blog”. Karena sedikit di singgung di atas tadi bahwa sekarang beda antara blog dengan website sudah agak kabur. Payahnya lagi banyak blogger terseret arus deras tersebut. Sehingga platform blogspot yang diperuntukan untuk “nge blog” bisa berubah menjadi website atau bahkan online shop. But…it’s legal and it’s OK. Namun jangan berharap situs dengan platform blogspot anda menang di mesin pencarian dengan platform WordPress.

Padahal kan blogspot milik Google, kenapa bisa kalah di mata Google Search dibanding platform lain ? Itulah yang jadi pertanyaan saya juga. Saya coba membangun 2 online shop atau katakanlah produk. 1 di wordpress dan satu lagi di blogspot. Saya sudah mati-matian mengoptimasi situs yang di blogspot namun hasil ahirnya tetap kalah dengan situs yang di wordpress. Dari sini kelihatan bagaimana mesin pencari Google bertindak bebas tidak memihak platformnya tapi lebih kepada konten dan SEO nya.

Mungkin akan menjadi pertimbangan anda bagi para pemula yang ingin nge blog. Mau nge blog di blogspot yang gratis tis tis atau di wordpress yang juga “gratis”. Sama-sama gratis tapi ada tanda kutipnya ya. Langsung saja, yang membuat ngeblog di blogspot menurut saya adalah pilihan tepat karena dengan blogspot yang gratis anda dapat menghasilkan uang melalui Adsense. Sedangkan di wordpress atau platform lainnya yang gratis jangan bayangkan anda akan mendapat uang. Yang ada justru iklan mereka yang tampil di blog kita.

Kekurangan blogspot bagi para blogger pemula adalah minimnya tools atau widget atau sebut saja plugin jika di wordpress. Blogspot bagi saya seperti kertas putih yang harus di coret-coret sendiri sampai menghasilkan gambar seperti yang kita inginkan namun menarik bagi orang lain. But dont worry, ribuan template blog canggih tinggal pakai dari yang gratis hingga premium dapat menjadikan anda blogger yang hebat.

Cara mulai membuat Blog di Google

  1. Setelah membuat akun google silahkan langsung masuk ke blogger.com  . Masukkan password sesuai dengan sandi email anda. Password email google atau Gmail merupakan password untuk keseluruhan akun Google.
    membuat blog baru
  2. Ketika pertama kali anda masuk ke blogger anda akan diminta memasukan nama blogger. Nama pengguna blogger ini berfungsi sebagai nama Author.
  3. Masukan nama yang anda inginkan kemudian klik selanjutnya. Anda akan di bawa ke halaman blogger pertama kali. Biasanya terdapat peringatan cookie yang berkaitan dengan kebijakan internet masyarakat Uni Eropa. Kemudian langsung klik saja Buat Blog Baru.membuat blog di blogspot
  4. Masukkan judul blog yang anda inginkan. Kemudian alamat blog atau url. Alamat blog ini yang digunakan untuk mengunjungi blog anda. Pastikan anda membuat nama yang “niche”, mudah di ingat dan tanpa tanda baca supaya orang lain mudah mengetiknya. Alamat url blog anda akan berakhiran .blogspot.com . Nantinya anda bisa membeli domain custom berakhiran .com . Jika anda memiliki kartu kredit anda bisa langsung membeli custom domain di Google Domain.
  5. Anda mungkin akan disibukkan dengan memilih alamat yang tersedia. Jutaan pengguna blogspot mungkin saja telah memakai alamat blog yang anda inginkan.buat blog baru
  6. Setelah berhasil mendapat nama yang pas dan tersedia klik “selanjutnya”. Anda akan dibawa ke halaman penawaran nama domain custom dari Google Domain. Anda bisa membeli domain custom berakhiran .com di google domain dengan menggunakan kartu kredit. Jika anda belum siap klik saja “lain kali”
  7. Selamat !!! Blog anda sudah siap untuk digunakan. Langlah awal pertama kali kami usulkan untuk mencari tema atau template yang sesuai dengan blog anda. Ada banyak pilihan tema yang ditawarkan oleh Google yang semuanya “resonsif”. Anda juga bisa membeli tema premium sesuai keinginan anda dari penyedia atau penjual tema blogger. Template ibarat rumah adalah tampilan luar dan akses luar dalamnya. Beberapa point penting dalam pertimbangan memilih template blog adalah ringan dan responsif.

Demikian caricara.info menjelaskan mengenai cara membuat blog di Google atau cara nge blog di blogger / blogspot.

error